PENGERTIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

BAB I
1.
PENDAHULUAN
1.1
PENGERTIAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Praktek Kerja Lapangan adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Disamping dunia usaha , Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) Dapat memberikan keuntungan pada pelaksanaan itu sendiri yaitu sekolah, karena keahlian yang tidak diajarkan di sekolahan bias didapat didunia usaha , sehingga dengan adanya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dapat meningkatkan mutu dan relevensi Pendidikan Menengah Atas yang dapat diarahkan untuk mengembangkan suatu system yang mantap antara dunia pendidikan dan dunia usaha.
1.2
MAKSUD & TUJUAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)

Maksud dilaksanakannya Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang diwujudkan dalam kerja disuatu perusahaan. Selain sebagai salah satu syarat tugas akhir Praktek Kerja Lapangan ( PKL ),Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) juga sebagai kegiatan Siswa untuk mencari pengalaman kerja sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya,

yang tercermin dalam Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila yang bertujuan meningkatkan kecerdasan, kreativitas, dan ketrampilan agar dapat menumbuhkan manusia yang dapat membangun dirinya sendiri serta bertanggung jawab atas Pembangunan Bangsa dan Negara dalam pencapaian perekonomian meningkat dan kehidupan yang makmur.

Karena pertumbuhan perekonomian yang meningkat, didukung pula oleh tumbuhnya persaingan dibidang industri dan teknologi yang memaksa kita untuk ikut terjun kedalam dunia industri, bisnis, dan perdagangan .

Adapun tujuan diadakan pelaksanakan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) antara
lain :
Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha,
Menumbuhkan & meningkatkan sikap profosional yang diperlukan siswa
untuk memasuki dunia usaha,
Meningkatkan daya kreasi dan produktifitas tehadap siswa sebagai
persiapan dalam menghadapi atau memasuki dunia usaha yang
sesungguhnya,
Meluaskan wawasan dan Pandangan Siswa terhadap jenis-jenis pekerjaan
pada tempat dimana Siswa melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL).
1.3
TUJUAN DAN KEGUNAAN LAPORAN

Laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) adalah hasil penulisan Siswa setalah menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) berdasarkan data yang di peroleh dan dituangkan dalam bentuk tulisan ilmiah
Adapun tujuan pembuatan laporan ilmiah antara lain:


Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Meningkatkan kreativitas Siswa dalam penulisan yang bersikap objektif dan
ilmiah.


Sebagai pertanggungjawaban siswa yangb telah melaksanakan Tugas Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) yang berkaitan dengan program keahliannya masing- masing.

Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan Praktek
Kerja Lapangan ( PKL ) denagn baik.


1.4
METODE & TEKHNIK MENYUSUN LAPORAN

Dalam penyusunan laporan ini Penulis menggunakan metode dan beberapa tekhnik penulisan dengan maksud agar memudahkan didalam pengumpulan data,sehingga susunan laporan ini dapat tersusun dengan lebih baik dan sesuai situasi kondisi.Adapun metode dan tekhnik yang di gunakan dalam penyusunan laporan antara
lain sebagai berikut:
1. Metode Penyusunan

Dalam penyusunan laporan ini penulis menggunakan metode deskriptif mengargumentasikan dan memaparkan permasalahan secara terperinci sesuai dengan data dan fakta yang ada.
2. Tekhnik Penyusunan
Observasi
Yaitu melaksanakan secara langsung di perusahaan melalui teori yang kemudian
terapkan dalam bentuk kegiatan atau Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) ini.
Observasi
Yaitu melaksanakan secara langsung di perusahaan melalui teori yang kemudian
diterapkan dalam bentuk kegiatan atau Praktek Kerja Lapangan ( PKL ).
Interview

Yaitu Mengumpulkan data dengan cara melakukan Tanya jawab secara langsung, hal ini di lakukan untuk memperoleh suatu informasi yang tepat dan jelas yang dibutuhkan di dalam penyusunan laporan.
Study Literatur
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dan cara mencari serta membaca buku-
buku di perpustakaan yang ada kaitannya dengan pembahasan masalah.
1.5.
Sistematis Penyusunan Laporan

Sistematis dari isi laporan ini,sebelum penulis menjabarkan setiap pokok pembahasan terlebih dahulu Penulis harus menuliskan pokok pembahasan dengan sistematis dari laporan ini.


Adapun sistematikanya adalah sebagai berikut :
BAB I : PENDAHULUAN

Dalam bab ini penulis akan menguraikan tentang pengertian PKL / PSG, maksud dan tujuan PKL / PSG , Tujuan Pembuatan Laporan, Metode dan Teknik penyusunan Laporan dan Sistematika Penyusunan Laporan.
BAB II : TINJAUAN UMUM

Bab ini berisikan mengenai Sejarah Singkat berdirinya Perusahaan..... ,...... ,.......,...., dan Tujuan......
BAB III : PENGENALAN .......
Pada bab ini penulis mencoba mengenalkan mengenai............
BAB IV : KETENTUAN PELAKSANAAN TATA TERTIB JOB
TRAINING DI .........
Dalam bab ini penulis akan menguraikan tentang Ruang Lingkup Job Training
Umum dan Training khusus.
BAB V : LAMPIRAN-LAMPIRAN

Pada bab ini penulis akan menguraikan lampiran-lampiran yang pertama yaitu tentang Daftar Kegiatan Siswa secara Berkala , Struktur Organisasi Job Training, Laporan Penilaian Pembimbing dari DU/DI dan Hasil Kemajuan Siswa.
BAB VI : PENUTUP

Dalam Bab ini Penulis akan mengambil beberapa kesimpulan dari pada pembahasan bab-bab sebelumnya dan mencoba memberikan sedikit saran yang sekiranya dapat berguna demi perbaikan perusahaan di masa mendatang.


1.6.
Dasar Hukum

1. GBHN tahun 1993;
2. Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab IV ,Pasal 10 (1);
3. Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab VIII, Pasal 33;
4. Undang –Undang Sistem Pendidikan Nasional : Bab XII Pasal 47 (1);
5. Peraturan Pemerintah No.29, Bab XI, Pasal 29 (1);
6. Peraturan Pemerintah No.39, Bab III, Pasal 4 (8);
7. Peraturan Pemerintah No.39, Bab VI, Pasal 8 (2);
8. Peraturan Pemerintah No.39, Bab

VI, Pasal 10 ;
9. Peraturan Pemerintah No.29, Bab XIII, Pasal 32 (2);
10. Kep. Mendikbud No. 0490/U/1992, Pasal 33;
11. Kep. Mendikbud No.080/U/1993.




BAB II
2.
SEJARAH PERUSAHAAN
2.1
PROFIL PERUSAHAAN .........

.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2.2
FILOSOFI PERUSAHAAN .......

.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


2.3
SEJARAH PERUSAHAAN ........

.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


2.4
............................

.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


2.5
........................

.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


BAB III

................................................


BAB IV

................................................


BAB V
PENUTUP
6.2
Kesimpulan .......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.3 Saran
.......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
6.4 Penutup

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah , Penulis panjatkan syukur kehadirat Allah SWT,yang mana atas rahmat dan hidayah-Nya akhirnya penulis dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) di................dan tidak lupa pula Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Penulis, baik moriil maupun materiil dan Penulis juga berterima kasih atas bimbingannya selama melaksanakan PKL dan juga atas diberikannya kesempatan untuk Praktek Kerja Lapangan ( PKL ) dan mengenali dunia usaha di .......................... .

Penulis juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pembimbing yang telah membimbing sampai Penulis menyelesaikan Laporan ini dan juga beserta karyawan- karyawan yang membantu Penulis selama PKL.

Penulis mohon maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat,baik disengaja maupun tidak disengaja.Penulis juga menyadari bahwa Penulis disini juga masih tahap belajar, jadi harap di makhlumi,dan Penulis juga masih banyak membutuhkan bimbingan kepada semua pihak.



..........,..............

Penulis




( )